Inggris in Java

Gemericik air kran dan beberapa sayur yang tegolek lemas dibaskom yang berisi air,suara radio dari warung masih membawa pesan pagi.Parto sibuk memilih dan memilah sayuran
kemudian memotong dan membersihkan,pagi ini ada mbok mar yang bantu membersihkan warung
sebelum buka.
“na na na..( menirukan nada lagu Peobo Bryson: Can U stop the rain )”demikian parto
kadang menirukan syairnya dan kadang cuman berdehem dan cuman na na na,parto ga peduli apa spellingnya bener atao ga.
“heh…”jupri tiba-tiba muncul dan tangannya menepuk pundak parto.
“aduh..”parto terkejut namun masih bisa menguasai kangkung yang ada ditangannya.
“olah…pri pri untung saya ini ndak jantungan,coba kalau jantungan saya kaget lalu
meninggal,pasti kamu akan kesepian pri!”nada parto agak sewot dan menoleh kearah jupri yang masih merasa ga bersalah telah ngagetin parto.
“lagian kamu ini lagunya sok inggris emangnya kamu ngerti bahasa inggris to?”jupri
mengambil baskom kosong untuk tempat kangkung yang masih ditangan parto.
“lho emangnya ndak boleh apa,ya musik itu orang bilang bahasa universal meskipun kita
ndak tau artinya tapi bisa kita nikmati.”parto menaruh kangkung ke baskom yang disodorkan jupri.
“apa kamu bisa bahasa londo ( baca:inggris ) pri,orang dulu kamu sekolah sering bolos
waktu jam bahasa londo gitu kok.”suara parto sudah tidak terdengar kesal sambil melanjutkan aktifitasnya.
“ya..kalau litle litle I can ”
“apa itu,kok saya malah baru kali ini denger boso londo kayak gitu”
“itu artinya dikit-dikit saya bisa”jupri meletakkan baskom yang sudah penuh kangkung dan meletakan di meja tepat di sampingnya.
“alah kamu ini menginggriskan bahasa Indonesia itu,coba sekarang bahasa jawanya judul
lagu-lagu boso londo iki opo?”

All out of love (Air Supply): Katresnan Kebablasan

Goodbye (Air Supply): Minggat

Lost in love (Air Supply): Wis Ora Tresno

Grease (Bee Gees) : Kinclong

I started a joke (Bee Gees): Wiwit Ndagel

In the morning (Bee Gees): Isuk Utuk2

Saturday night fever (Bee Gees): Meriang ning Nekat Ngapel

Summertime (jazz) : Loro Panas

Words (Bee Gees) : Nggedebus

More than words (Extreme) : Nggedebus Pol

Smoke on the water (Deep Purple) : Umob (album ‘Nggodog Wedang’)

Soldier of fortune (Deep Purple) : Prajurit Ra Iso Mati (neng kethoprak akeh…)

Mama (Genesis) : Mak’e

Another day in paradise (Phill Collins) : Sedina Meneh ing Swargo

Againts all odds (Phill Collins): Ongko Ganep

All night long (Lionel Richie) : Lek-lek’an (ngebyar)

Still (Lionel Richie) : Isih (durung entek)

Stuck on you (Lionel Richie) : Kecanthol

Truly (Lionel Richie) : Tenane

Frozen (Madonna) : Njendel

Black & white (Michael Jackson) : Sebrangan Dalan

Killing me softly (Roberta Flack) : Diithik-ithik sak Modare

My way (Frank Sinatra) : Sak Karepku

I don’t like to sleep alone (Paul Anka) : Kelonana Aku

Hands clean (Alanis Morissette) : Bar Wisuh

Believe (Cher) : Percoyo

I still believe (Brenda K Star) : Ngengkelan

Shy Guy (Diana King) : Clingus

Wild Woman (Michael Learns to Rock) : Mbok Morotuwo

Torn (Natalie Imbruglia) : Suwek Dhedhel Dhuel

Don’t speak (No Doubt) : Menenga Wae

Something stupid (R William & Nicole Kidman): Nggobloki

Don’t stop me now (Queen) : Ojo Ngganduli

Always (Bon Jovi) : Mesthi Ngono

Bed of roses (Bon Jovi) : Trebela

Alone (Heart) : Ijen (album ‘Kendel Tenan’)

Self control (Laura Branigan): Poso

Jump (Van Halen) : Njondhil (album ‘Kaget’)

Almost unreal (Roxette) : Ora Umum

Black magic woman (Santana) : Mak Lampir

Smooth (Santana) : Lunyu (album ‘Kepleset’)

Always somewhere (Scorpion) : Mblayang Wae!

So young (The Corrs) : Cah SD

Forever young (Alphaville) : Awet Nom

Suddenly (Billy Ocean) : Ujug-ujug

If (Bread) : Yen

My heart will go on (Celine Dion) : Loro Hepatitis

Hard to say I’m sorry (Chicago) : Kisinan

Zombie (Cranberries) : Gendruwo

Boulevard (Dan Byrd) : Dalan Gedhe

Emotion (Destiny’s Child) : Muntab

If we hold on together (Diana Ross) : Yen Gegandengan Tangan

It’s you (Dionne W & Stevie W) : Jebul Sliramu

Big big world (Emilia) : Donyane Gedhe Banget

Careless whisper (George Michael) : Seneng Rasan2

I don’t have the heart (James Ingram) : Rempela Thok

Just once (James Ingram) : Sepisan Wae

Beautiful girl (Jose Mari Chan) : Cah Ayu

To all the girls I loved before (Julio Iglesias) : Kanggo Randha-Randhaku

Pretty boy (M2M) : Banci

Smile again (Manhatan Transfer) : Ayo Ngguyu (Waljinah)

I’ll be here waiting for you (Richard Marx) : Takcegat Neng Kene

2 Become 1 (Spice Girls) : Ilang Siji

Just the way you are (Billy Joel) : Sakkarepmu

Smoke gets in your eyes (jazz) : Keculek Rokok

Long train running (Doobie W) : Kepancal Sepur

All blues (George Benson) : Kelunturan (Biru Kabeh)

O Danny boy (tradisional Irlandia) : O, Jebul Anake Dani!

Another clown (Leon) : Wong DPR

Where do you go – Fort Minor – kate nang ndhi kowe?

Out of the blue – MLTR — resik-resik mari kenek blawu…

Honky Tonk Women (Rolling stones) bener nggak nulisnya…. jawane mendem wedokan ha ha ha

Night Birds (shakatak) —–> Manuk Cucak Rowo

“wes..wes… tambah ngarang kamu ini pri pri, ha ha ha.”parto memegang perutnya yang
sudah kaku dari tadi ketawa.
“besok kamu ikut tukul aja jadi pelawak pri”suara pa genthong mengakhiri tawanya dari
ruang dapur.

Begitulah suasana warung bahagia,selalu saja ada tawa dan makna.

Baliazura: Teks dari Outlook

15 thoughts on “Inggris in Java”

  1. # zlamzani:mrgreen:
    pengennya sich nyontek puisinya mas tapi nanti dikenain fee he he he,jadi imbuhin teks dari outlook

    # brainstrom
    teu aya kang ,udah lama ga ketemu orang sunda di sini

    # Hanna
    ha ha ha itu cuman buat lucu-lucuan
    terjemahan sebenernya tidak seperti itu:mrgreen:

  2. tak tambahin ya?

    Honky Tonk Women (Rolling stones) bener nggak nulisnya…. jawane mendem wedokan ha ha ha

    Night Birds (shakatak) —–> Manuk Cucak Rowo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s