di awal tahun

angin bertiup kencang untuk skala denpasar,karena sangat jarang angin bertiup di denpasar.seperti malam ini angin meniupkan udara dingin setelah satu hari denpasar dibasuh hujan dan gerimis.sebelum tidur parto selalu menyempatkan duduk di depan menyelami sepi malam.detik pergantian tahun makin bisa dirasakan kedatangannya namun kegelisahan menyusup dibenak parto sesuai dengan isi buku ‘eling’tentang refleksi diri.Jika suatu realitas kelihatan begitu berbeda sesuai dengan persepsi kita,maka berapa banyak dari pengalaman kita yang berasal dari persepsi kita dan berapa banyak yang mencerminkan ralitas?pertanyaan yang sudah sama tuanya dengan ahli pikir Hindu jaman dulu dan sama modernnya dengan filosof Immanuel Kant atau ahli fisika Wener Heisenberg.Kant mengatakan bahwa segala sesuatu yang kita lihat dibentuk oleh persepsi kita,ketegori2 kita.waktu ruang,energi dan massa adalah sebagian dari kategori2 yang paling mendasar.kita tidak mengenal realitas sebagaimana adanya,melainkan kita mengenalnya sesuai dengan persepsi kita,kesimpulan yang sama dari ahli pikir Hindu sampai ahli fisika sejak Einstein.
Bila demikian,memikirkan tentang persepsi kita dan bagaimana mereka memberi bentuk pada pengalaman kita merupakan tugas yang paling penting bagi kita, agar kita bisa melihat segala sesuatu dengan apa adanya.namun sudah lama kita diajari oleh persepsi dari orang tua,teman dan lingkungan tentang cara pandang dan penilaian terhadap sesuatu yang belum tentu merupakan suatu realitas.dan untuk bisa melihat dibalik persepsi kita harus menyingkirkan semua pandangan dan persepsi buruk dan salah terlebih dahulu,namun salah dan buruk dimata siapa?
setahun kemaren apa yang saya lihat,dengar dan rasakan diluarsana terlihat secara harfiah dan tersimpulkan oleh persepsi saya.ternyata setahun kemaren saya melihat orang marah,tertawa,menanggis sedih,senang,memaki dan masih banyak lagi bisa saya jumpai sifat-sifat negatif, namun jika kembali saya melihat refleksi dari cermin batin ternyata didalam diri saya juga terdapat sifat-sifat negatif seperti yang saya lihat diluar saya.
apa yang telah saya simpulkan dari persepsi diri untuk menilai sesuatu termasuk menilai diri saya sendiri?satu persatu mulai dilepaskan status masyarakat,agama,pekerjaan teman dan keluarga ternyata selama ini sering saya dibuat binggung,bimbang,ragu,keresahan dan kebahagiaan dari persepsi ini.tentu saya akan sulit melepaskannya karena saya masih menginjakkan kaki dikehidupan umum ini.saringan penilain adalah garis untuk saya namun bukan saya,esensi  saya hanya tanpa bentuk yang dibatasi bentuk.

19 thoughts on “di awal tahun”

  1. # sigid
    sami-sami mas sigid

    # bli’ Made
    beneh bli’

    # Hoek
    met tahun baru juga buat hoek dan rekan2
    di purwokerto

    # MA
    Thanks mbak,

    # nana
    sama-sama,semoga cepet nge-top ya

    # jensen99
    met tahun baru juga,masih bawa golok nich..

    # goyangan
    betul itu….
    makin manteb goyangan nya,ada goyangan baru apa lagi nich th 08?

  2. Tulisannya bagus… hanya akhirnya seperti masih belum akhirnya.. atau aku salah meng-interpretasikan ya? cmiiw. Tapi kalau belum selesai ayo dilanjutkan karena sepertinya masih banyak yang mau disampaikan….

    Sukses selalu!

  3. Selamat berintrospeksi diri mas … itu cara terbaik melewati tahun dan menyambut tahun yang baru… Ade disini sejak tahun lalu dan tahun ini juga disini, SEMOGA

    -Ade-

  4. # mbak Yoga
    hikss….saya ketahuan….
    memang sebenernya tulisannnya blom selesai,setelah dirasa terlalu berat jadi saya sudahi pake koma.
    lagi menghimpun program winrar or zip yang lain untuk mempersingkat kelanjutannya.

    # Ade
    met tahon baru juga ade,saya tau ade itu seperti bintang yang meskipun tersamar dibalik sinar mentari namun tetap ada dan selalu ada.
    semangat ya de..

  5. Kalau gitu ditunggu kelanjutannya.. jadi komentar seriusnya ntar aja pas udah selesai semua…

    Perang dengan diri sendiri jangan kelamaan, yang kita perlukan sekarang action… siap… action..1…2…3….

    Cuuutttt!!!!!
    🙂

Tinggalkan Balasan

