di awal tahun 2#

angin masih menelusuri bukit-bukit malam yang merambat pelan.Parto berhenti sejenak
menyelami kegundahan hatinya.benar,asal usul saya tidak punya bentuk namun esensi saya saja yang dibatasi bentuk.mungkin saat saya merasa bosan dengan apa yang saya lihat saya dengar,rasakan dan yang tersimpulkan oleh persepsi pikiran saya,saya kembali pada esensi awal saya yang tanpa bentuk kemudian mencari cara untuk menemukan persepsi baru.saya adalah keseluruhan proses tersebut dan persepsi2 itu adalah satu tahap dalam aktivasi.gerakan menyeluruh atau holomovement mencakup semua yang terlihat dan yang tidak terlihat secara dinamis dalam satu totalitas yang teratur.sisi yang tidak terlihat selalu menyingkapkan keteraturan dan makna yang melekat menjadi sesuatu yang terlihat dan kemudian diselubungi kembali oleh holomovement kedalam sisi yang tidak terlihat ,yang merupakan sumbernya.dari sini saya bisa merasakan bahwa semua sub-atom,mahkluk dan galaksi mempunyai energi,kualitas dan makna dari keseluruhan yang tercipta didalamnya. itulah mengapa saya selalu merasa berjalan dari satu tahap ketahap lain.dari satu kejadian ke peristiwa lain yang jika saya tarik garis merah selalu ada jawaban dari pertannyaan kemarin.seperti menapaki anak tangga semakin saya menapak tinggi maka saya akan melihat semakin luas.dan tidak ada satu debu pun yang diterbangkan angin yang tanpa tujuan dan bergerak melalui induksi mengikuti gerakan menyeluruh(holomovement)
menapaki dua sisi yang terlihat dan yang tidak terlihat,perlu suatu keseimbangan dimana
sisi yang terlihat selalu menyita lebih perhatian kita dan cenderung tidak mempercayai sisi yang tidak tampak,sehingga sisi yang tampak akan lebih dianggap penting karena berbagai persepsi yang telah melekat pada saya.dua sisi dunia yang bersinggungan,berbeda dan nyata menjadi bentuk dari hasil persepsi pikiran saya dimana saya akan lari beberapa saat kedunia tak terlihat jika merasa penat dengan sisi yang terlihat dan saya akan menertawakan kelucuan dan merasakan dunia jika saya terlalu terlelap dalam keheningan,meskipun tujuannya adalah ketiadaan namun saya masih di bumi untuk menebar benih dan mengarap ladang hidup saya dan bukan dilangit yang tidak bisa menumbuhkan benih padi, namun memberi matahari agar padi bisa menguning.
ibaratnya holomovement adalah sebuah sungai dan saya adalah salah satu aliran dari semua aliran,dalam analogi ini persepsi bisa diibaratkan berupa batu-batuan yang menimbulkan riak sehingga saya bisa melihat aliran dengan lebih jelas namun aliran itu lebih dari sekedar batu-batuan yang teraliri,lalu mengapa saya mereduksi diri saya menajadi batu-batuan gender,keluarga,ekonomi,agama atau politik padahal mereka hanyalah partikel debu jika dibandingan dengan realitas dan esensi dari diri saya.menyamakan diri dengan persepsi dan membatasi esensi dengan citra-cita akan mengaburkan realitas diri saya yang lebih besar dari persepsi saya.
menerima diri saya apa adanya dan tanpa syarat sebagai sesuatu yang melebihi persepsi akan memudahkan saya untuk mengubah persepsi-persepsi tersebut,seperti memakai pakaian maka saya akan leluasa mengganti dan melepaskannya dan tetap menjadi diri saya yang sesungguhnya tanpa menghakimi atau menolaknya agar lebih memahami penyesuaian dari persepsi dan tidak merasa terkekang oleh persepsi yang telah lama saya mengerti untuk menjelajahi dimensi2 makna baru.
selama saya terlibat dalam gerakan holomovement saya tetap membutuhkan persepsi karena persepsi inilah yang akan membantu saya berfokus meskipun persepsi bukanlah sesuatu yang mutlak dan final.

yang gaib,yang terlihat
dunia tidak akan berputar tanpa keduanya

15 thoughts on “di awal tahun 2#”

  1. *tengok kanan kiri*
    *eh ada yang baru, baca ah…*

    ooo..sang bijaksana udah kembali, dari mana aja kang?? udah bosan keliling dunia?:mrgreen:
    setuju juga sama kang deking

    *ngeloyor pergi sebelum diusir baliazura*

  2. jadi ingat puisi nya Ted Perry,
    Manusia tidak merajut jaring kehidupan
    Ia hanyalah secarik benang yg ada padanya
    Apapun yg ia lakukan pada jaring itu
    Akan mengena pada dirinya sendiri

  3. “.dan tidak ada satu debu pun yang diterbangkan angin yang tanpa tujuan dan bergerak melalui induksi mengikuti gerakan menyeluruh(holomovement)
    menapaki dua sisi yang terlihat dan yang tidak terlihat….”
    ini sedang menerangkan apa yah?
    *pusing, ketinggian bahasanya*

  4. Bli… Akhirnya muncul juga lanjutannya yang kemarin.. Refleksi yang tiada akhir jangan sampai melupakan persinggahan kita di Dunia ini hanya sangat singkat. Ketika waktunya mengalir menuju “lautan” jangan sampai “air” itu tidak mengandung manfaat lagi. Apa yang akan dipilih? menjadi “air limbah” atau tetap menjadi “air bersih”?

    Apa yang tidak terlihat diimani. Jagan mengejar untuk menjangkau yang tak terlihat tanpa seijinNya dan tanpa ilmu yang cukup dariNya.

    Apa yang terlihat diupayakan untuk kerja keras menjadikan “air” ini bernilai tinggi.

    Maafkan bila interpretasi-nya tidak berkenan di hati, karena aliran yang ini masih dangkal.

  5. # bli deKing
    setuju aja bli’ dari pada saya todong rokok hikss:mrgreen:

    # adek
    tetep ada di meja samping dek,lagi jalan2 survei dimana bisa jogging di linggis hikss
    boleh pergi tapi tingalin abon ikan asin dulu

    *pasang wajah melas asih *

    # pak dhe joyo
    wah jadi nambah pengetahuan saya tentang puisi Ted Perry

    # fauzansigma
    ini lagi bercerita tentang persepsi dan pikiran saya tentang semua hal yang ada di diluar diri saya.
    dan keseimbangan antara yang batiniah dan jasmaniah.

    # mbak Yoga
    yup…,interprestasinya udah betul mbak,menjaga keseimbangan yang gaib dan yang riil.
    semakin kita yakin dengan yang tak terlihat akan lebih kuat bahwa hal tsb tidak terpisahkan dengan yang riil.yang tak terlihat tidak dibatasi ruang dan waktu sehingga kita tidak perlu meningalkan yang terlihat untuk merasakannya

  6. sisi yang terlihat selalu menyita lebih perhatian kita dan cenderung tidak mempercayai sisi yang tidak tampak,sehingga sisi yang tampak akan lebih dianggap penting karena berbagai persepsi yang telah melekat pada saya.

    Ya, kemelekatan akan membawa penderitaan. Maka, lepaskanlah, bebaskanlah diri dari kemelekatan.

  7. # Indra
    tul dra,makanya ga jauh klo mo kondangan hikss..

    # Ade
    yup betul de….

    # almascatie
    ya dah tidur dulu biar fresh…

    # bli’Artana
    beneh bli’

    kopdar kemaren ikut dateng ga bli’?

    # atapsenja
    melepaskan kemelekatan akan membebaskan kita dari perputaran karma tul ga ya?

    # jensen99
    wah jensen ternyata lebih jago lho
    privat dimana?or pengalaman pribadi nich….?

Tinggalkan Balasan

