tahun tikus = tahun koruptor ?

mendung menyelimuti kota denpasar teduh namun lumayan gerah dengan malasnya angin berhembus.terlihat warung sudah sepi dari kegaduhan sendok yang berderit atau terbentur piring, yang tinggal hanya kepulan asap rokok dan obrolan hangat dengan topik yang berbeda masing-masing pengunjung.di tembok tertempel tulisan kecil GONG XI FA CAI potongan dari koran kemaren.

“to,kopi tiga dan jangan lupa cemilan dan asbaknya”pangil pa made dengan suara tidak
terlalu keras.
tak berapa lama menunggu aroma kopi membaur dengan obrolan trio kwek-kwek demikian parto
mengibaratkan kehangatan tiga sahabat ini.

“ini kopinya bapak-bapak,dan ini cemilan khas bahagia”parto meletakkan tiga cangkir kopi hitam dan sepiring gorengan plus beberapa cabe.setelah itu parto mengambil pring-piring bekas makan mereka dan mengelap bagian meja secukupnya.
“kamu ga ikut ke klenteng to”tanya pa made
“ga bli’, saya cukup lihat barong sai di tv aja bli’ syukur-syukur klo ada angpo nyasar ke sini he he he”parto meninggalkan mereka dengan derai kecil tawa.
“menurut penanggalan cina tahun baru ini adalah tahun tikus”kata pa wayan meniup
secangkir kopinya sebelum menyruputnya pelan.
“saya lihat di tv-tv sich demikian pa way,kebetulan saya sudah coba baca ramalan shio
saya pagi tadi majalah.”pa oka menyandarkan punggungnya dan tak ketinggalan menyambar tahu isi
“tahun tikus,emhmm….”mata pa made mencari-cari sesuatu di transparannya angin.
memikirkan sesuatu.
“kenapa de,serius sekali mikirnya.mikirin tikus identik dengan apa?”pa wayan
menyelesaikan gigitan terkahir pisang gorengnya
“iya bli’sepertinya tikus identik atau sekedar pengambaran dari para koruptor,karena
binatang ini senang sekali mengerat ya..seperti para koruptor yang sedikit demi sedikit
mengerogoti uang rakyat.”pa made hanya memandangi secangkir kopi dan cemilan tanpa
nafsu.
“udah..jangan dibawa serius de,lha orang-orang yang katanya memikirkan rakyat saja tidak ambil pusing tuch.tidak seperti kucing yang antusias melihat kelebat si tikus.”pa oke masih terus melahap tiap potong tahu.
“ya semoga saja tahun tikus ini bukan malah jadi tahunnya para koruptor tapi jadi tahun
pesta para kucing yang kelaparan menangkap para tikus.buktinya sekarang sudah ada
kemajuan dengan keikutsertaan negara ini dalam konferensi UNCAC kemaren.dan pemeriksaan kasus kasus penyimpangan lainnya.”pa made mengakhiri harapannya dengan mencicipi kopi yang sudah mulai dingin.

kendali waktu tak ingin ikut berdiskusi atau berhenti mendengarkan obrolan mereka,sementara mereka masih berbincang tentang berbagai hal.di sudut warung mengalun pelan lagu tentang tikus

tikus…tikus..
tak kenyang-kenyang
rakus-rakus bukan kepalang….

13 thoughts on “tahun tikus = tahun koruptor ?”

  1. mmm…masih penasaran dengan korupsi…

    ini paling susah di berantas, pernah dulu saya pikir mesti ada “generation wash” untuk memutus rantai korupsi, atau dilakukan kebijakan seribu (atau seratus?) peti mati seperti di Cina.

    *****

    Btw, hati-hati sama yang namanya tikus… dia bisa bermutasi menjadi monster cantik seperti mak-nya Beowulf…Angelina Jollie, jadi siapa saja bisa terkecoh…
    ๐Ÿ˜€

  2. # caplang[dot]net
    amin….
    semoga sebelum kena racun sudah insaf

    # mbak Yoga
    iya nich mbak masih sebel..dengan penanganan korupsi di negeri ini,sepertinya klo nerapin cuman 1000 peti mati masih kurang banyak buat negeri ini.lagian paham good will yang dianut makin membuat nga selesai-selesai pemberantasan tikus.

    # purnama yasa
    betul bli’ kapan mereka sadar ya….

    # Ina
    coba klo tkusnya seperti struat little pasti lucu dan baik hati:mrgreen:

    # imcw
    beneh pa dokter,terlalu banyak yg buat pesimis di negeri ini.

    # franya
    iya selain dikrikitin proyeknya juga buat sarang pengalian dana

    # Artana
    lho sekarang lagi tren kucing memelihara tikus ato tikus yang memelihara kucing ya..

    # cK
    sekalian peti matinya cik

    # aRya
    wah…cocok banget nich dagang racun tikus

    # maxbreaker
    salam kenal balik,
    sejak kecil plus lingkungan yang ngajarin ya….

    *nyari riwayat cendana family*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s