Bali blackout? no way !

Remang lilin berusaha memberi terang ditiap sudut warung mengantikan lampu yang padam teraliri listrik. Masih terlalu dini untuk menutup warung. Parto memandangi liukan-liukan api dan meletakkan dagunya dimeja yang beralaskan telapak tanganya yang merapat.
“Udah jangan dipikirin to, kalau jodoh ga akan lari gunung dikejar” jupri ikut memperhatikan lilin yang siap meleleh memberi terang di pikiran parto
” Lho siapa yang mau dijodihin sama gunung pri, emangnya tiap orang diam lagi mikirin sesuatu?” mata parto masih memperhatikan warna kuning dari api.
” halah , itu kan cuman perumpamaan to. lagian sikap kamu itu yang membuat pikiran ku menebak begitu, kalau kamu sedang memikirkan sesuatu” tangan jupri mengambil bungkusan kacang bawang yang ada di atas meja
” Kenapa ya pri kok hidup jaman sekarang tergantung sekali dengan listrik, setelah listrik padam semuanya terasa berhenti, ya seperti malam ini”
” Tapi tenang aja to sebentar lagi di Bali ga bakalan sering mati lampu lagi” terdengar bunyi ‘kruk kruk’ disela kalimat jupri
” kenapa bisa begitu pri? ”
” iya to, karena kemaren itu sudah diresmikan proyek pabrik setrum PLTU celukan bawang yang rencananya akan menyuplai listrik sekitar 780 MW dengan unit I 3×130 MW,terus unit II 1×130 dan terakhir 1×260 MW, unit I akan selesai tahun 2009 dan proyek ini akan siap meyuplai listrik ke PLN tahun 2011, pabrik setrum ini dikelola oleh PT General Enegy Bali danย  dengan bertambahnya proyek strum ini bisa mengatasi pasokan setrum di Bali yang selama ini masih bergantung dari Jawa dan tidak membuat was-was pengelola hotel dan restoran yang merupakan pelengkap dari industri wisata di Bali , u no (linggis).” kembali terdengar kriuk-kriuk dari kacang yang hancur dari kunyahan jupri.
” kenapa ga meneliti ikan pari atau belut yang sama-sama bisa menghasilkan setrum, kan ga usah pake batu bara atau perlu BBM cuman tiggal kasih ikan teri atau kasih pelet( pakan ikan )
” iya habis itu suruh nyetrum gundulmu itu to” puff…. jupri meniup lilin dan pergi meninggalkan parto yang masih meletakkan dagunya diatas meja.

22 thoughts on “Bali blackout? no way !”

  1. Halo mas Parto, lama ndak bersua:mrgreen:
    He he, bener kalau sekarang kita memang lagi benar-benar membutuhkan suplai listrik. Eh, kalo ngomongin Bali, kayaknya aneh juga lho mas.
    Soalnya di Bedugul kan ada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi 175 MW.
    Namun sampai sekarang proyek itu belum bisa jalan terkendala ijin yang belum disetujui oleh DPRD. Padahal panasbumi jelas lebih ramah lingkungan dibandingkan batubara lho, he he.

  2. # mas Sigid
    benul mas, dibedugul memang ad proyek yang mandeg dan masih menjadi PR apa mau diterusin apa kagak dan dengan terbengkalainya proyek tersebut jadi harus rela menerima resiko pemadaman bergilir.

    # Abeeayang
    lho jangan disetrum nanati juminten nyariin.๐Ÿ˜†

    # cK
    lho tenaga orang BBM untuk orang sekarand udah mahal
    beras sekilo udah berapa, blom trigu dan minyak tanah, minyak goreng walah buanyak cik

    # bli’ Devari
    yah..semoga proyek yang itu juga ga sekedar wacana ya bli’

    # mercuryfalling
    ini merupakan solusi mengatasi krisis pasokan listrik di Bali yang masih tergantung dari Jawa.
    dan harus tetap berhemat apa lagi dengan adanya isentif dan disisentif dari pengelola strum negara ( PLN)

    # bli’ aRya
    udah ga bli’
    capek juga sedih mulu

    # Biyung Nana
    ya semoga aja bisa selesai th 2011,jadi nga ada lagi pemadaman tiap senin kamis
    *kok mirip puasa yak.. :lolo: *

    # adek
    lho bukannya jupri selalu beli koran tiap pagi buat di penjemin ke adek?

    # Ady gondronk
    ya semoga aja di, jadi biar ga ada pemadaman saat jam kerja apa lagi pas jam internet:mrgreen:

    # Agus Sanjaya
    tapi klo malem gelap enak buat pengantin baru:mrgreen:
    yup mari berhemat sama-sama
    salamnya nanti saya sampein

  3. # decon
    ya sepertinya memang harus ada alih energi fosil ke teknologi buatan seperti Blue Energy yang ditemukan arek nganjuk…
    ya…semoga bisa cepet diproduksi.

    OK, nanti saya mampir

  4. Wah, habis gelap terbitlah terang ni yee…๐Ÿ˜†

    Disini trnyata bukan cuma pemadaman yang bikin masalah. Minggu lalu tegangan listrik di markas tiba2 naik tinggi, menjebol begitu banyak hardware, termasuk router Wi-Fi. Jadilah sy tidak bisa onlen selama seminggu lebih… ๐Ÿ˜†
    Syukur skarang dah baik.๐Ÿ™‚

  5. Jadi inget pas nyuci, pas banter banternya muter, eee listrik mati. Apa ya perlu mesin cuci pake UPS.

    Btw, di tempatku, hujan 5 menit saja, agak deras gitu, PLN langsung tarik tuas. Mati dee….

  6. # baladika
    udah diletakin batu pertama, ya semoga abis diletakin ga di lupain๐Ÿ˜†

    # jensen99
    Ibu kita Kartini….

    iya listrik memang mood-mood-an juga, kadang naik kadang turun mirip valas aja.

    BTW jangan sampe kena disisentif lho:mrgreen:

    # Zlamzani
    ya klo daerahnya rawan pemadaman mending di pasang aja , lumayan untuk menghemat barang electronic kita

    # aRul
    saya juga menduga demikian, soalnya apa iya pabrik setrum negeri ini membukukan rugi?
    ya nasib jadi rakyat cuman dicari pas ada pemilu aja.๐Ÿ˜ฆ

  7. wah kalau mau tau secara mebdetile tentang PLTU celukanbawang tanya daku dah, aku adalah putra daerah di desa lokasi itu, dan saya selalu aktif mengikuti semua perjalanan proses dari no; sampai saat ini… masih enggak jelas semua tentang PLTU Celukanbawang, dan masih banyak menyisakan hal yang cukup meresahkan masyarakat di desa tersebut, proyek nya enggak jelas kapan di mulai… kayak nya proyek mimpi deh… kalau mau info detil silahkan saja kirim email ke saya… THANKS

  8. Bener tuh PLTU celukan bawang mangkrak sampe hari ini.Spt berita di koran masyarakat stempat demo sebab harga tanah belum dilunasi PT GEB.Warga dipindah hanya beberapa meter dari pusat PLTU. Wah PT GEB itu gak bener juga dan ternyata modal dengkul ampe warga dikorbankan.Gimana tuh apa kita biarkan pengusaha yg begitu yg hrs membangun Bali? Yg jelas PLTU ini bakalan merugikan warga sekitar dg polusinya kata ahlinya.Krn pake teknologi China yg terkenal tdk ramah lingkungan sekali lg kata ahlinya. Lihat milis LP3b Singaraja disitu dibahas banyak PLTU ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s