benefit of spices

Pintu warung masih tertutup dan lengang, hanya suara radio yang menembus tiap  celah menemani bias matahari yang jauh dari langit-langit daun mangga yang  berdiri kokoh di depan warung. Parto meletakkan beberapa kantong plastik di meja  dapur, matanya melihat ke kiri dan kekanan dan sesekali berhenti untuk mengingat  sesuatu.

” Gi ngapain to, kok matamu mirip ikan lagi kena setrum?” ‘bruk’ jupri meletakkan  kresek merah di atas meja diantara kantong plastik belanjaan pagi ini.
“halah….ya ini yang saya cari dari tadi, jatuh dimana tadi pri?” parto langsung  mengambil dan membukanya
” bukannya jatuh tapi kamu yang lupa bawa waktu kita berhenti di kios korannya si  gondronk. Kamu sih ngalmunin Juminten terus” Jupri duduk di kursi tepat disamping  meja.” ngomong-ngomong gimana kabarnya Juminten?” jupri melanjutkan kalimatnya
” Juminten masih di Surabaya dalam masa sii..oritas..terasi ii..ga ngerti pri”
“terasi mbah mu itu, orientasi” jupri memperhatikan aktifitas parto yang sedang  memilah barang belanjaan mulai dari sayuran, buah dan bumbu-bumbu.
” Kenapa kalau masakan ga dikasih bumbu kok ga enak ya to?”
” kamu ini tanya kok yang ga perlu ada jawabannya, yang namanya bumbu itu yang  memang ditambahakan untuk membuat masakan makin lezat dan nikmat, sama halnya  dengan hidup pri, kalau ga ada masalah rasanya kurang hidup.” jawab parto sambil  sesekali mencium beberapa rimpang untuk mebedakan jahe, kencur, kunyit dan  lengkuas

” selain untuk menambah rasa dan membuat kita makin berselera makan, bumbu itu  mengandug zat-zat yang bagus untuk tubuh kita pri”
” oo…. ya , misalnya apa aja to?” jupri membungkuk sambil menarik kursi lebih  dekat dengan parto, penasaran ingin segera tau apa yang dimaksud parto
” misalnya saja :

Garam
adalah zat mineral yang disebut dengan natrium(sodium) chlorida merupakan mineral  yang amat penting untuk menjaga keseimbangan asam-basa. Natrium juga bisa  mengontrol tekanan osmotik cairan, terutama dalam serum darah dan di luar sel  (ekstra-seluler) yang berfungsi menjaga Keseimbangan asam-basa dalam serum darah  harus terjaga agar setiap organ tubuh bisa menjalankan tugasnya. Jika derajat  keasaman (pH) tidak seimbang, misalnya terlalu asam atau terlalu basa, mineral  tertentu akan mudah mengendap.

Bawang putih
(Allium sativum) Khasiat bawang putih antara lain sebagai obat sakit gigi, sakit  telinga, diare, disentri, menurunkan darah tinggi, menurunkan kolesterol,  menurunkan gula darah pada penderita diabetes, membantu menghilangkan logam  berat, menambah kekebalan, melindungi serangan kanker, pengobatan asma dan  gangguan pernafasan, serta pengobatan gangguan pencernaan.

Bawang merah
Mengandung flavonglikosida, ia dianggap anti radang, pembunuh bakteri, sedangkan  kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang  berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari  perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan  kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Menurut penelitian terakhir, bawang merah  juga bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya. Umbi lapisnya mengandung  zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C.

Cabai
(Capsicum annuum) Khasiat cabai antara lain pembersih paru, pengobatan  bronchitis, pengobatan masuk angin, pengobatan sinusitis, dan asma.

Kunyit
untuk mengobati sakit punggung. Para peneliti telah menemukan kandungan zat dalam  kunyit yang disebut curcumin, ternyata mengandung khasiat anti peradangan. Selain  bisa dikonsumsi terpisah, kunyit juga bisa ditambahkan dalam bumbu kari. Selain  itu, curcumin juga bisa mengurangi risiko kanker usus.

Ketumbar
Diyakini berbagai bangsa Arab, Cina dan Eropa sebagai tanaman pendongkrak gairah  sexual. Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna  untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan  radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Lada atau merica
Adalah salah satu rempah penting yang memiliki berbagai khasiat obat. Lada (Piper  nigrum), dikenal bisa mengatasi penyakit seperti asma. Bahkan merica hitam banyak  dipakai sebagai salah satu bumbu penyedap ternyata termasuk bahan alami yang  berpotensi sebagai afrodisiak atau pemicu gairah seks.

Daun Salam
Digunakan untuk pengobatan kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi  (Hipertensi), radang lambung/maag (gastritis), diare dan asam urat.

Daun Seledri
Bermanfaat karena serat seledri membantu menurunkan berat badan, mencegah dan  menyembuhkan kanker usus besar bila digunakan secara terus menerus. Seledri juga  dapat mencegah penyakit jantung, stroke dan mengembangkan otot pembuluh darah  untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan asam urat, membersihkan darah.. Daun  seledri bila diperas dan diseduh dengan air masak dapat menurunkan tekanan darah  tinggi tetapi bila sudah turun perlu dihentikan.

Jinten atau Jintan
Bermanfaat antara lain sebagai peluruh keringat, peluruh kentut, perangsang,  peluruh haid, dan memperlancar air susu,jintan hitam dapat meningkatkan jumlah  sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Dengan demikian  jinten hiyam dapat dijadikan obat bagi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh  seperti kanker dan AIDS.

Tomat
Masih binggung dimana tempat keluarganya apa golongan buah atau termasuk sayuran  ya pri? Tomat tingi akan kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada  buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen juga dapat  menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan  dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu  melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker. Vitamin A yang terkandung di dalam  tomat sangat baik untuk kesehatan mata.

Hati-hati dengan kemiri pri, karena kemiri mengandung toksin ringan jika  dikonsumsi mentah, maka dari itu dianjurkan untuk menyangrai atau dihangatkan  terlebih dahulu untuk meneltralisir racunya pri.

“Nah buanyak khan manfaat secara tidak langsung dari bumbu yang setiap hari kita  konsumsi, namun bagaimanapun tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena segala  sesuatu yang banyak itu tidak justru malah tidak baik.” parto menoleh kearah  jupri yang masih melonggo mendengarkan penjelasannya

“ueeehh.. kok malah nglongo, ngerti ga?” seikat kangkung digoyangkan parto  didepan wajah jupri yang menyangga kepalanya dengan tangan kiri diatas meja
“iya to, jadi inget filmnya Aish Warya ray yang judul ‘Mistress of spices, sekarang saya boleh minta sayur sup dengan bumbu yang kamu sebutin  tadi, wah sepertinya enak buangett to”
” tenang aja pri hari ini saya akan masak sup special ‘mak nyuss’ buat kamu”

24 thoughts on “benefit of spices”

  1. Juminten masih di Surabaya dalam masa sii..oritas..terasi ii..

    Hehehe, masih kontek-kontekan ni yee… :mrgreen:

    sama halnya dengan hidup pri, kalau ga ada masalah rasanya kurang hidup

    kalau ga ada Juminten rasanya juga kurang hidup lho!😆

  2. # jensen99
    ya namanya juga long disten jadi harus rajin dikontek biar ga di apelin orang:mrgreen:

    # realylife
    yup, bumbu memang bermanfaat apalagi klo tiap hari kita make, tapi sesuai porsi lho dan klo udah siap saji sms saya ya 😆

    # bli’ Artana
    matur suksma, gimana kampanye sefti reding nya?

    # adek
    bukan jualan dek tapi rempah-rempah dipake tiap hari untuk menambah yummi tiap masakan

    kapan masak dek, bawa kekantor yaa…

  3. tambahan,,, garam bisa juga dipake buat mengawetkan bahan makanan..!!

    @ Lada
    caranya gimana..? diolesin..? apa ditaburin ke mata..? wkeke… *plak!!*

  4. # mbak Yoga
    wah thanks info nya melihat judulnya jadi inget pilenya
    Aish mantan dengan judul yang sama dan topik yang sama pula

    # abeeayang
    wah piliha yang sulit nich,
    dua-duanya aja dah..

    # anginbiru
    tul, garam udah dikenal dari jaman dodol untuk ngawetin garam.

    bubuk lada hitam biasanya buat tambahan ramuan obat kuat bareng telor bebek dan sawo muda tapi saya blom pernah coba loh itu baru gosipnya

    *don’t try this at home*

    # Ady gondronk
    yah nanti klo jalan2 ke pasar or tiaraxxxx coba cek di bagian bumbu pasti nemu

    # suryacx
    ssiiiipppp lagi klo ditraktir nich:mrgreen:

    # bli’ devari
    hasil ubeg-ubeg mbah gugle

    # ick
    dukun apa nich?
    ya sapa tau bisa jadi penerusnya kijoko bodo

    lam kenal juga

    *biar ga bodo ng-blog ahh…*

    # cK
    kenapa ga minta makanannya aja cik
    resepnya mah ga usah😆

  5. kalau mau masak nasi goreng bumbunya apa bli.?
    biar proporsi kesehatan dari rempah-rempah tersebut sesuai dengan tubuh.
    kayaknya perlu dituliskan resepnya.😀

  6. # ghozan
    teng kyu..
    bisa langsung di tenggok di dapur ada bumbu apa aja🙂

    # bli Yanuar
    biasanya saya kasih bawang putih, cabe, sedikit lada bubuk,minyak gorengnya dikit
    biar special tambahin ikan asin, telor, toge, sawi ijo
    wahh..jasdi lapar nich

    # tas merah
    boleh tapi jangan kebanyakan..
    bisa mules nanti

  7. # mercuryfalling
    makanya ga heran klo dulu jadi rebutan bangsa eropah🙂

    # realylife
    nomernya satu kosong satu ini:mrgreen:

    # romy
    OK, mau yang banyak seledri ato yang sepesial lada hitam?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s