Ex condom from China

Terik mentari sudah punah di dekap gelap,masih menyisakan gerah.Ya,seharusnya bulan ini sudah musim hujan namun sepertinya belum ada tanda-tanda bulir-bulir air menyejukkan denpasar.ditengah gerah dan ramainya pengunjung pasar malam parto mengandeng tangan juminten erat seakan dia tidak mau kehilangan cinta untuk yang kedua kali.
“Mas,pegangan tangannya terlalu kencang”juminten mengeluhkan eratnya jemari parto
melingkar di pergelangan tangannya.
“lho nanti kalau kamu hilang gimana ten,apa yang harus saya katakan sama orang tuamu
nanti”jawab parto yang melepaskan jemarinya tapi sekarang mengaitkan tangan juminten di lengannya
“lho kok malah begini,malu mas dilihatin orang-orang”
“biarin ten,soalnya aku ndak mau kehilangan cinta untuk yang kedua kalinya di dalam
hidup saya.kamulah tempat pelabuhan terakhir sampanku yang penuh dengan ketulusan”parto makin mengapit tangan juminten erat
“halah……mulai ngombal lagi,eh..lihat mas sepertinya tali rambut itu bagus-bagus
lho”juminten menunjuk pengikat rambut yang tergantung berwarna warni dan berbagai model di salah satu kios asesoris wanita.
“ya udah kita kesana,kalau cuman pengikat rambut biar mas parto yang beliin”parto mengikuti langkah juminten
“malam mbak,silakan dipilih jepitannya.semuanya impor langsung lho dari china”kata
sambutan penjual membanggakan barang dagangannya.
“wah..pantesan bagus,berapaan mbak?”juminten melepaskan tangannya dari apitan parto dan mulai melepaskan rasa kewanitaannya pada benda fleksibel yang berwarna warni.
“hati-hati milihnya ten,belum tentu yang impor itu bagus”bisik parto pada juminten saat
penjual asesoris pergi menyapa pengunjung yang lain.
“lho emannya kenapa to mas?’tanya juminten tanpa mengabaikan kata-kata parto
“soalnya mas pernah baca kalau ada produk pengikat dari china itu ternyata terbuat dari
potongan kondom bekas,apa lagi beberapa hari yang lalu terbongkarnya kasus impor kondom bekas dari china”kata parto dengan masih dengan nada berbisik.
“hah…yang bener mas…?kok begitu…?kok bisa..?”juminten mebrondong parto dengan nada serius dan menghentikan acara pilih memilihnya dengan sorot mata terkejut dengan apa yang disampaikan parto
“bisa aja ten,yang penting hati-hati aja dan lebih selektif memilihnya”
“ya..udah mendingan saya beli aja yang buatan dalam negeri,abis yang imporngeri…”juminten mengandeng tangan parto untuk segera pergi.

siraman debu yang diterbangkan kaki-kaki berbaur dengan nafas transaksi melekat pada
peluh dan tingginya harapan mengeruk laba diterang bintang tanpa hujan.

Iklan

KTT UNFCCC

pic dari bali postWaktu masih menunjukkan sebelas kurang seperempat,masih tanggung untuk makan siang namun terlihat beberapa penggunjung ramai berbincang di warung bahagia.

“gus,bagus…..”panggil pa genthong yang sedang menyelesaikan tumisan kangkung.
“ya pa dhe”parto menghampiri pa genthong menuju dapur.
“tolong bawain bihun goreng dan udang tepungnya gus!”pinta pa genthong
“tumis kangkungnya blom siap pa dhe?”tanya parto sambil membawa nampan bihun goreng dan udang tepung.
“iya sebentar lagi gus,nanti biar pa dhe yang bawa”
“pa dhe sepertinya didepan pengunjung lagi asyik membahas tentang KTT UN.. UN CC..”parto meletakkan kembali bihun goreng dan terbata-bata memikirkan sebuah singkatan.
“KTT UNFCCC,United Nations Framework Convention on Climate Change yang diadakan dari 3 sampai 14 desember itu akan dibahas berbagai persoalan mengenai isu perubahan iklim. Di wilayah Asia sendiri isu perubahan iklim merupakan isu yang penting mengingat perubahannya sudah dirasakan di beberapa negara. Terdapat paling tidak empat agenda yang akan dibahas, yakni mengenai adaptasi, mitigasi, teknologi yang digunakan, dan penyaluran dana pada negara-negara sedang berkembang untuk menanggulangi emisi karbon mereka. Terdapat pula beberapa agenda yang akan didiskusikan, seperti deforestasi dan lainnya”tegas pa genthong membantu mengingatkan kata yang akan di ucap parto
“he he he iya pa dhe,maklum lidah singkong”parto mengambil kembali bihun goreng dan berlalu meninggalkan pa genthong yang masih menikmati local warming dari kompornya.

di depan parto masih memasang rasa ingin tahunya tentang UNFCCC dari para tamunya sambil meletakkan piring bihunnya dan membenahi display menunya.

“tidak heran kenapa akhir-kahir ini terasa panas dan yang seharusnya sudah hujan masih juga tidak seperti musim hujan”pak made masih asyik membahas KTT dengan pa ketut dan bli ‘ Oka.
“ya..itu adalah dampak nyata dari perubahan iklim dan pemanasan global de,sebenernya sudah dari tahun 70-an sudah dirasakan namun tidak terlalu di expose seperti sekarang ini.”sahut pa ketut sebelum menyruput kopi hitamnya.
“sebenernya di bali ini sudah ada konsep tri hita karana untuk menjaga keseimbangan antara alam dan manusia dan lingkungan,namun kembali lagi pada individu masing-masing yang menggunakan kosep itu.”tambah Oka yang paling muda diantara mereka.
“memang semuanya ini berarti adanya campurtangan manusia yang terlalu mengexploitasi alam dan tidak menjaga keseimbangannya,”lanjut pa ketut yang mulai mecaplok pisang goreng yang masih hangat sambil sesekali meniupnya.
“lalu kira-kira apa yang bisa untungnya dari KTT ini untuk Indonesia terutama bali?”tanya pa made lebih mendetail.
“ya kalau untuk Indonesia keuntunggannya jelas adanya suntikan dana bantuan pemeliharaan hutan.miris sekali, sementara Indonesia saja masih belum bisa mengatasi ilegal logging dan maraknya suap antara petugas dan pengusaha nakal dan untuk bali tentu saja promo wisata dan dibali masih banyak pohon-pohon yang tidak menjadi korban kerakusan manusia”jawab pa ketut

perbincangan tiga orang tadi masih terus berlanjut dan masih terus disimak oleh parto sambil meneruskan aktifitasnya,”mhh..jadi inget film ‘the day after tomorrow’ apakah kejadian itu bisa terjadi?”guman parto dalam hati.

siang makin meranggkak naik,tak seberapa terik karena awan mulai memanyungi denpasar apakah awan memberi kabar akan hujan?

Baliazura:Teks dan pic dari beberapa sumber

perayaan Tumpek Landep

hari sabtu ini parto sudah merencanakan pergi bersama juminten dan terlihat mentari pagi berseri dikening dan pikirannya,seakan lupa apa yang telah menjadi kegelisahannya malam tadi.

“ech…parto,ceria banget pagi ini,wah baru dapet salam ya dari juminten ya!”sapa kadek yang berdiri dipintu sambil memperhatikan parto yang asyik berdehem berdehem menyanyikan keceriaan hatinya sambil menyapu debu-debu di warung bahagia agar debu hatinya juga terus berkurang.
“wah mbok kadek jegeg,dilihat dari penampilannya sepertinya mau pulang kampung lagi ya…?”parto berhenti menyapu dan mempersilakan tamunya masuk.
“biasa to,sarapan nasinya dikit plus teh manis gulanya dikit sisanya lihatin saya yang manis ini”kadek mengikat rambutnya dan meletakkan kunci motor di meja.”Ok mbok kadek manis dan imyut lebih imyut apa lagi klo minitipin kue buat saya ha haha,sekarang pasti mau sembahyangan hari tumbek landep ya?”parto meracik sarapan buat kadek.
“ah..kamu kamu ini to,ga jauh juah dari yang namanya plat G alias gratis.ya dah nanti tak cariin lungsuran buah dan kalau ada kue nanti saya bawain buat kamu”
“tumpek landep itu yang menyembahnyangi logam dan pusaka khan ?”
“kalau secara umumnya seperti itu to,tumpek ladep itu sembahyang dan pemujaan kepada Tuhan dalam maniwestasinya sebagai Dewa Pasupati,beliau memberi anugrah kepada umat manusia dengan simbol keris atau senjata-senjata,karena itu Umat Hindu di Bali memuja Tuhan karena telah menganugrahi dengan senjata kehidupan dengan mengupakarai senjata kehidupan seperti kendaraan,komputer dan semua benda yang mengandung unsur logam.dan makna yang juga bisa diambil yaitu makna landepin idep yaitu pikiran setajam keris,artinya dalam mengahadapi tantangan hidup,manusia mesti memiliki ketajaman pikiran dan semgnat kerja kerja yang tinggi,tanpa itu umat manusia akan mudah menyerah mengahadapi segala tantangan.Apalagi di jaman yang serba kompleks ini tidak boleh dihadapi dengan kebodohan jadi kita harus terus belajar dan belajar dan memaknai,menularkan dan mengamalkan pengetahuan kita dan berperilaku baik dalam hidup ini to.”kadek menjelaskan sekelumit tetang tumpek landep dan makna yang bisa diambil sambil mengepit tak jinjingnya.
“lho mana sarapanku to?”
“ech ..iya mbok ini sarapannya, wah saya ndak heran kenapa mbok kadek yang imyut ini juga pinter”
“tu…tadi muji minta dibawain kue,trus kali ini mau minta apa lagi?”kadek menerima piring dari tangan parto
“ya…klo ada yang jegeg-jegeg dan masih jomblo di klungkung titip salam aja dari saya,parto hiks…”parto nyengir sambil menarik-narik serbet yang kedua ujungnya di genggamnya.

gambar dihidangkan dari sini 

Kampanye say no to drugs

suara benturan gelas dan piring terdengar kadang-kadang,mengalun akrab di warung Bahagia milik pa genthong (nama pangilan ) dimana parto bekerja sebagai assisten chef plus merangkap waiter.

“waduh rajin sekali mas parto ini,jam segini sudah ready open” mimpi apa semalem to?” tanya seorang wanita yang masuk dan berdiri di tepi meja,dengan tas yang tergantung di bahu kiri.

“wah,mbok kadek jegeg,justru seharusnya saya yang nanya lho mbok,semalem kena angin apa kok tumben pagi-pagi sudah berkicau disini,he he he”jawab parto dengan melihat sekilas wanita yang suaranya menghentikan detak aktifitasnya dan melanjutkan kembali membenahi letak piring.

“berkicau memangnya burungmu,kamu ini to..to”
“saya abis pulang dari klungkung to,kesini mau sarapan,tadi ga sempat sarapan “kadek duduk dan meletakkan tas disampingnya.

“lho pulang kampung lagi?barusan kemaren pulang ke klungkung khan?”emang lagi ada acara apa-an tho mbok dek?”parto melancarkan serangan pertanyaan sambil mempersiapkan hidangan buat pelanggan pertamanya

“diklungkung kemaren ada pementasan wayang ceng blong,itu wayang yang tokohnya ceng mirip kamu itu to ha ha ha.”
“lho mbak biar saya mirip ceng tapi saya banyak yang nuggu lho mbak,itu tukang-tukang ojek di pasar badung,tangan parto menyodorkan sepiring nasi plus teman-temannya.
“minumnya apa nich mbak”
“teh anget to,jangan manis-manis,saya udah manis”
“iya-iya percaya mbak dari pada saya dilempar sandal he he he,memang siapa yang hajatan kok ada wayang ceng blong segala”tanya parto sambil menuang gula dan memasukkan satu bungkus teh celup.
“acara pementasan wayang itu di adakan oleh BNK ( Badan Narkotika Kabupaten ) klungkung,ternyata ga sulit kok to,ngasih penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di masyarakat. selain melestarikan budaya sekaligus memberi tambahan informasi yang terus menerus tentang akibat yang ditimbulkan narkoba dengan berbagai media.begitu mas parto.tapi ga mangil artis untuk berbagi pengalaman takut nanti malah kejadian seperti artis ya “itu””
“lha memangnya orang-orang itu apa blom tau klo ular kobra itu memang berbahaya?”
“iya ular kobra suruh matuk idungmu itu,narkoba to…narkoba,tu kuping apa centelan panci”kadek mengurungkan niatnya menyuap nasi sebelum menghamburkan kata-kata penjelasan kepada parto.
“iya iya mbak,jangan sewot.ich mbak makin manis lho seperti teh buatan saya ha ha ha”

ujanmietelor meteor

Siang ini parto sibuk melayani pengunjung warung,ga terlalu rame,ketika jupri mampir masih sempet dia ngobrol.

“dari mana pri?,koq panas-panas begini keluyuran” tanya parto sambil meletakkan beberapa gorengan diatas piring.

“dari warnet to,di ajak bli gede”jawab jupri sambil mengambil minuman teh dalam kemasan,menenggaknya dan kemudian memasukkan gigtan tahu isi kedalam mulutnya

“wah sekarang sudah cangih,udah tahu internet segala,klo saya tahunya malah kornet,kemajuan tenan itu pri,”kalimat parto meluncur dari bukit pujian kepada sobatnya sambil memeperhatikan jupri kualahan mengunyah tahu.

“emang dapet apa tadi di warnet pri” tanya parto kali ini lebih seius sambil meletakkan lap piring kebahu kirinya.

” kata bli gede nanti malam ada meteor ” jupri menjawab sambil berusaha menelan tahu yang dibantu tenggakan tehnya.

“wah…klo mietelor disini juga ada pri,saya bisa buat sekarang ga usah nunggu nanti malam.”kata parto dengan pede atas kemampuannya.

“oo..alah to…”
“mentang-mentang jago masak,pikirannya masakan terus”kali ini jupri serius hendak menceritakan brita hujan meteor yang dicritakan bli gede tadi waktu buka situs bali post.com

“nanti malam itu diperkirakan akan terjadi hujan meteor Leonid,bukan mietelor,u no ?(aksen linggis). peristiwa ini terjadi pertengahan bulan november.peristiwa ini dikarenakan adanya serpihan komet Tempel-Tuttle yang mengorbit Matahari tiap 33 tahun.dan pecahan-pecahan komet yang sebesar biji pasir akan terbakar ketika memasuki atmosfir bumi dan terlihat seperti meteor.hujan meteor Leonid ini sudah terjadi sejak sabtu kemaren tapi malam ini masih bisa di saksikan di langit timur laut mulai jam 2 pagi sampai menjelang fajar, dan kalau beruntung akan terjadi hujan meteor tiap jam.mirip rombongan bintang jatuh,u no ( lagi jupri mengeluarkan aksen linggis )”
“ya udah ni,duit teh dan 2 ptotong tahu,saya mau tidur siang biar bisa lihat meteor Leonid”jupri beranjak dari duduknya dan mengeluarkan sejumlah uang lalu pergi berlalu mininggalkan parto yang masih melonggo ga ngerti apa yang barusan diceritakan jupri.

gambar dari sini

Angin Noisy hinggap di Bali

Minggu kemaren batal sempet mo jogging pagi di renon, tapi sesampainya di jalan tiba-tiba hujan deras sekali seperti langit menangis dan hampir meluruhkan semua air matanya. saya sempet berteduh dan setelah saya rasa hujan reda, saya lanjutin ke tempat jogging, sesampainya disana sepi tak ada orang beraktifitas di lapangan yang biasanya ramai untuk meregangkan otot or sededar janjian ketemuan :mrgreen: 😆
saya tetep lari-lari kecil meskipun cuaca sepertinya udah mulai gerimis lagi.akhirnya saya berteduh di depan kantor gubernur bali.dijalan didepan kantor gubernur saya melihat pohon ambruk sampai akarnyapun ikut melepaskan cengkramannya.saya sering melihat pohon ambruk or dahan tumbang saat hujan dan angin menyambangi denpasar. setelah cuaca tidak mendukung, saya putuskan untuk menunda jogging sampai hari rabu ini, soalnya nanti libur perayaan pager wesi.
Setelah menghadiri Kopdar saya pulang dan kepikiran plus amat sangat penasaran dengan tokoh Nietzsche dengan bukunya Zarathustra yang baru pertama saya tahu dari sini, langsung saya ngacir ke gramed dan disana stock abis.kemudian untuk memuaskan pengen baca buku baru saya pergi ke Mitra10 lho apa hubungannnya buku dengan toko bangunan?tentu tidak ada tapi di sana saya punya temen yang sering rentalin buku gratis. sesampainya disana suasana agak lain dan usut punya usut ternyata bagian depan dari toko terkena angin puting beliung yang melanda gatsu barat sekitar 5.30p pagi.kejadian ini mengakibatkan kerusakan billboard dan beberapa jumlah barang di etalase luar,dan kabar terkhir dari brita di media, kejadian tersebut juga menelan satu korban jiwa dan kejadian serupa juga melanda Gianyar.Dan kejadian ini mendapat tanggapan positif dari Bpk SBY yang kebetulan datang ke Bali untuk mengunjungi lokasi kejadian di Ds..ketewel Gianyar

Kejadian-kejadian alam yang mulai sukar untuk ditebak dan makin aneh di beberapa daerah bahkan dunia mungkin akibat global warming. wah ..ngeri juga ya.

Gambar Pa SBY di culik dari bali post

Saraswati:the day of knowledge

Hari ini adalah perayaan ilmu pengetahuan atau biasa dinamai hari Saraswati. Tentu saja perayaan ini disambut senang dengan menghaturkan pujian untuk Dewi Saraswati sebagai Goddess of knowledge. Sepanjang perjalanan saya, banyak para pelajar mulai dari TK nol kecil sampai mahasiswa yang beragama Hindu merayakan turunnya ilmu pengetahuan. Para pelajar menghaturkan puji dan melakukan sembahyang di pure sekolahnya plus pure-pure yang lain seperti di pure Jagadnatha,dengan berpakain adat bali terlihat keceriaan diwajah mereka entah mereka senang karna ini hari pengetahuan yang mereka cari dan pelajari or mereka gembira karna hari ini libur sekolah :mrgreen:

Terlepas dari itu perayaan ini dimaksudkan untuk mengingat bahwa betapa pentingnya pengetahuan itu terlebih di jaman sekarang dimana mereka yang tidak tau dan tidak berilmu akan ditinggal jauh oleh perputaran era globalisasi. Semalam saya melihat di BaliTV bahwa banyak para pencari ilmu yang ingin terlepas dari ketidak tahuan dengan belajar mengenal huruf dan angka meskipun mereka harus mengendong bahkan menyusui anak mereka,tekad mereka adalah belajar untuk tahu dan mengenal huruf sehingga mereka bisa menanggalkan plat buta huruf yang menempel di punggung keterbelakangan.

Dewi Saraswati adalah manifestasi Tuhan YME dan beberapa versi disimbolkan sebagai wanita yang sangat cantik bertangan delapan yang memegang wina(alat musik ),koprak (pustaka),ganitri(japa mala) dan bunga terata,dan Beliau berdiri diatas angsa dan di sebelan_Nya terdapat burung merak. Kenapa disimbolkan sebagai wanita yang sangat cantik dan berwibawa, karena ilmu pengetahuan itu sesuatu yang menarik dan sangat mengagumkan, diharapkan para penuntut ilmu selalu tertarik untuk terus belajar. Bagaimanapun orang yang berilmu pengetahuan itu selalu menimbulkan daya tarik dan berwibawa setelah mengamalkan apa yang diketahuinya.

Celebrate the knowledge.